
Asalamulaikum wR wB..
Mungkin udah banyak blog blog yg ngebahas tentang bagai mana cara ngedial camshaft/nokenas yg baik dan benar, tapi ga ada salahnya kan di sini ngebahas ulang cara ngedial dengan cara yg lebih praktis. (tipikal orang indonesia yg ga mau ribet hahaha)
tapi
sebelumnya sih kita berkenalan dlu maksud ngedial itu apa. karna masih
banyak teman teman seperjuangan saya yg salah ngartiin nge dial
camshaft, diantara pendapat mereka tentang ngedial ada yg bener ada yg
melenceng dan kadang kadang bikin saya ketawa terbahak bahak karna ada
pendapat yg menurut saya lucu banget. tapi kebanyakan yg meraka tau dari
arti MENDIAL itu adalah “kalo motor udah di dial pasti KENCENG” walahhh
jauh banget dari arti yg sebenernya dan terkadang di situ saya merasa
sedih :p. udah aja klo gitu motor STD di dial tanpa perlu di modif pasti
kenceng kan tuh karna dari pendapat mereka aja udah seperti itu.
Makanya saya di sini mau memperinci kembali arti dari MENDIAL tanpa bermaksud untuk meng GURU kan
karna ilmu yg d miliki seoarang mekanik itu kaya piso bermata 2. satu
untuk berbagi atau satu lagi mengecohkan kepada yg mau belajar. wajar
ajalah wong yg namanya urusan mesin itu kan UUD (ujung ujungnya DUIT)
kalo anda di posisi yg mana punya ilmu untuk berbagi atau di simpen
sendiri :p. loh kok jadi melenceng dari topik……. sory sory sory jadi
kebawa suasana heheh yuk kita lanjut lagiDi bawah ini adalah arti yg sebenernya dari DIAL CAMSHAFT :
* Menemukan durasi
* Menemukan angka buka-tutup
* menemukan angka LSA
* menemukan overlap
* mengetahui posisi klep terbuka ketika di berapa derajat
* mengetahui posisi tinggi MAX klep terbuka
okayyy kayaknya sih udah cukup pengenalan awal tentang mendial camshaft, nah jadi udah pada ngeh kan ?? ayoooo yg masih beranggapan “kalo motor udah di dial pasti kenceng” masih mau di simpen pendapat kaya gitu ? atau mau di ganti sm “arti dial” yg di atas :p TAK KENAL MAKA TAK SAYANG kaya nya kata kata pepatah itu tepet banget buat topik ini
okey yuk kita langsung praktek aja dengan cara yg sering saya pake, tapi sebelumnya siapkan dlu special toolkit yaitu :
Dial Gauge bebas mau pake merk apa aja dan dari harga yg berapa aja, tapi inget harga ga bohong kadang pake yg harga murah bikin dobel proses kerja, dan inget juga PRESISI itu paling utama di DIAL, recomended sih cari dial gauge yg merk MITUTOYO ga usah di tanyain lagi deh kepresisian nya:D

BUSUR 360 DERAJAT sama kaya busur yg sering kita pake di SD cuman bedanya yg ini mah bulet alias 360 derajat yang biasa kita di pake di SD kan cuman 180 derajat. recomended BUSUR yg bagus cari yg bahan nya stenless yg tebel dan cari busur yg CAT nya bagus ga gampang ngelupas

Dudukan dial fungsinya untuk megang si dial ke head yg mau di dial, dlu nyari alat ini susahnya setengah mati, jarang orang yg jual dan harus lari ke tukang bubut buat bikin ini dudukan, tapi sekarang udah banyak kok yg jual dudukan dial, ga percaya ??? search aja di google dengan keyword “dudukan dial” dan liat hasilnya berapa orang yg jualan hehe, usahain klo nyari dudukan dial cari yg dari bahan ALMUNIUM TEBAL dan jangan sekali kali beli dudukan dial dari almunium TIPIS karna rawan PATAH!!!
dan ini dia alat yg paling penting dalam mendial adalah jreng jreng jrengggg KERTAS DAN PULPEN hahahah loh kok ini masuk ke alat penting ??? iya dong penting setiap kita mendial harus di catat karna catatan dial itu penting untuk seorang mekanik seperti pendekar yg di temani dengan golok sakti, ga nyambung wuuuu eheheh. jadi gini setiap kita melakukan dial camshaft lebih bagus untuk langsung di catat/di bubukan karna apa ? karna tiap tiap camshaft itu berbeda beda karakter power yg di dapatnya, jadi kita ga perlu bingung coba coba camshaft mana yg bagus untuk setingan yg kita perlukan. jadi seorang mekanik harus MENCATAT apa saja yg sudah di rubah karna ini penting,ga lucu kan kita bikin motor dah kenceng tapi ketiban apes si motor jebol dan sialnya kita ga catet apa aja data data perubahan si motor ??? ya otomatis mulai dari nol!!! nah makanya perlu di catet biar pas kita lagi apes kita bisa langsung contek ke buku catetan dan mengulang semua perakitan motor seusai dengan yg di catat di buku,oke saya rasa udah cukup deh alat alat nya dan langsung kita praktek cara nge dialnya yah tapi sebelumnya kita rakit dlu alat alat di atas menjkadi seperti ini
busur derajat di tempel ke bagian magnet dan dial gauge ada di bagian HEAD persis seperti gambar di atas, untuk posisi cam dan seher di dalam mesin harus berada dalam posisi TOP, begitu si mesin udah dalam berada dalam posisi TOP maka busur kita tandai dengan mengunakan penanda yg di tempet di samping busur agar setiap gerakan derajt bisa di pantai melalui penanda busur seperti gambar di bawah ini
untuk posisi DIAL GAUGE harus berada di antara RETAINER ga boleh di atas stelan klep dan posisi jarum dial harus berada di angka NOL seperti gambar di bawah ini
teknik membaca dial gauge sy pake teknik yg bermasyrakat saja dengan mekanik mekanik indonesia ya itu dengan teknik JEPANG, teknik jepang banyak di pakai oleh mekanik kita karna cara membaca dial gauge nya sangat amat mudah pencatatannya diawalai setelah klep baru membuka 1 mm dan berakhir 1 mm sebelum klep tertutup baru kita masukin
MEMBACA BUKA TUTUP CAMSHAFT EXHAUST
pertama kita gerakan busur searah rotasi mesin (ber lawanan jarum
jam) dan pasti rotasi mesin itu KLEP OUT dlu yg bergerak pelan pelan aja
jangan cepet takutnya jarum dial gauge ga ke kontrol sama kita, tar
jadi ngawur ngitung durasinya :p pelan pelan aja santai sambil tangan
gerakin busur searah jarum jam, gerakin si busur sampai jarum busur
bergerak 0.1mm (bergerak dari nol ke nol) baru deh
berenti dan kita liat si busur diem di angka berapa. misalkan angka
busur setelah dial gauge berenti 1mm berada dalam posisi 60 derajat
langsung kita tulis ke kertas. klo format nulis saya sih seperti iniKLEP OUT
buka out : 60
tutup out :–
setelah angka bukaan cam OUT di dapat dan sudah di catet di kertas, gerakin lagi si busur sesuai rotasi mesin (berlawanan jarum jam) sampai si dial gauge berenti bergerak(klep out menutup) kalo udah yakin si klep udah ga kebuka dengan cara melihat jarum dial berenti maka coba mundurkan kemabli si busur dengan cara searah jarum jam (berlawanan rotasi mesin) sampai si jarum terbuka kembali 1mm (jarum dial menunjukan nol ke nol) dan coba liat busur berada di angka berapa derajat, misalkan busur berada dalam posisi 35 derajat maka catet lagi seperti ini
KLEP OUT
buka out : 60
tutup out :35
‘HOREE berhasil uy dapet angka buka tutup camshaft untuk EXHAUST alhamdulilah…..
MEMBACA BUKA TUTUP CAMSHAFT INTAKE
setelah kita dapat data buka tutup EXHAUST busur tepat berada di
posisi overlap camshaft yg di mana klep OUT dan IN terbuka bersamaan,
kita lanjut lagi tangan kita puter searah rotasi mesin (berlawan jarum
jam) dan tetap mata ngeliat jarum dial, tapi bedanya seakrang yg kita
liat dial yg berada di posisi klep IN, terus kita putar sampai jarum
dial in terbuka 1mm (posisi jarum nol ke nol) kalo udah yakin posisi
dial terbuka 1mm kita liat angka di busut ada di berapa derajat,
misalkan angka busur berada di 35 derajat kita langsung catet lagi
seperti iniKLEP IN
buka in : 35
tutup in :–
nah udah dapet nih angka bukaan in nya, sebentar lagi buat kita tau berapa durasi nokenas yg sebenernya, tapi sabai satu proses lagi belum selesai yaitu angka tutup in, kita gerakin lagi si busur searah rotasi mesin (berlawanan jarum jam) sampa si jarum dial berenti, setelah berenti kita mundurkan si busur berlawanan roatsai meisn (searah jarum jam sekarang) sampai jarum dial menunjukan membuka 1mm (dari nol k nol) dan langsung kita liat si busur berada di berapa derajat. misalkan angka tutup in berada dalam 60 derajat kita catat lagi seperti ini
KLEP IN
buka in : 35
tutup in : 60
sekrang data data durasi camshaft sudah kita dapatkan ALHAMDULILAH… selesai juga nih proses yg bikin agak bingung nah sekarang kita pakein rumus berhitung DURASI CAM :
buka out + tutup out + 180 = DURASI OUT
buka in + tutup in + 180 = DURASI OUT
*180 adalah angka pasti(rotasi mesin ketika bergerak 1x kerja)
kalo udah kia masukin aja angkanya ke rumus
OUT : 60+35+180 = 275 (ini adalah durasi dari camshaft OUT)
IN : 35=60+180=275 (ini adalah durasi dari camshaft IN)
untuk mempermudah pencatatan bisa dengan format sepert ini
KLEP OUT
buka out : 65
tutup out : 30
KLEP IN
buka in : 35
tutup in : 60
durasi cam OUT : 60+35+180=275durasi cam in : 35+60+180=275 alhamdulilah selesai juga cara mendialnya,saya harap ulasan di atas bisa di paham, nah langsung aja nih video tutorialnya ala BRT racing team..
semoga bermanfaat..
Tidak ada komentar:
Posting Komentar