Bikin Klep Lebih Enteng Dengan Teknik “Back Cut Valve”
Teknik Back Cut memperingan klep dan memperlancar air flow gas bahan bakar
Dragbike.id (Bandung) – Mungkin kalian sudah pernah dengar istilah “Back Cut Valve”
?? Teknik yang sudah tidak asing di telinga para tunner ini rupanya
menjadi salah satu tips paling jitu untuk mendongkrak kinerja mesin agar
lebih enteng mendapatkan tenaga yang maksimal. Back Cut valve atau
bahasa awamnya memodifikasi kemiringan derajat bagian belakang klep ini
rupanya tidak terlalu sulit untuk di lakukan. Teknin ini rupanya bisa di
lakukan di tukang bubut biasa maupun di rumah dengan peralatan
seadanya.
bagian yg di modif
kemiringan “Back Cut” harus 30Derajat
Sebenarnya
untuk apa sih back cut valve tersebut ??? Fungsi utama dari back cut
itu adalah untuk memperingan bobot klep, sehingga menghindari
terjadinya floathing (telat balik) akibat per klep yang loyo. Selain itu
keuntungan yang lain ialah agar kinerja mekanis rocker arm (Pelatuk
Klep) yang di gerakan oleh noken-as menjadi lebih ringan. Ujung ujungnya
kerja nokenas menjadi lebih efisien. Selain itu AIR FLOW dari bahan
bakar yang sudah di kabutkan menuju ruang bakar pun semakin sempurna.
Hal ini di karenakan tidak terjadi benturan antara dinding siting klep
dengan klep. Ujung ujungnya asupan campuran gas bahan bakar semakin kaya
memenuhi ruang bakar.
Hal ini pun di benarkan oleh Muhamad Farid (Popo) dari Wahana Baru
Motor yang mengatakan bahwa setiap garapannya selalu menggunakan teknik
ini ” Semua motor yang di tunning pake teknik ini. Selain
bikin bobot klep semakin ringan, Air flow pun semakin bagus. Ini di
karenakan alur semakin lebih plong ” Ungkap mekanik yang
buka markas di Jl. Ciwastra No 201 Bandung tersebut. Popo pun
melanjutkan bahwa untuk modifikasi klep ini sebenernya ga perlu di bawa
ke tukang bubut. Cukup menggunakan bor tangan, kikir dan amplas saja.
Namun hasilnya tidak sebagus dengan menggunakan mesin bubut. Penasaran
seperti apa sih modifikasi klep dengan teknik Back Cut ini ??? Yuk kita
mulai. Gunakan Bor dan Kikir untuk modif sederhana Back Cut
Siapkan Bor Tangan Electrik
Masukan klep yang akan di modifikasi
Setelah klep sudah terpasang di bor, putar pelan pelan untuk melihat
posisi klep center atau masih goyang. Usahakan klep se center mungkin.
Putar bor dengan pelan terlebih dahulu, Gunakan kikir untuk mengores
ujung klep, usahakan menggunakan kikirr diamond/intan agar proses
pembuatan luka di klep lebih ringan. Oh iya untuk bagian ini, luka yang
di buat sebisa mungkin menciptakan kemiringan 30 derajat
Setelah luka/goresan klep sudah keliatan, siapkan amplas halus untuk finishing
gunakan putaran cepat saat kalian meng amplas bagian yang sudah di back cut tadi
setelah selesai, wajib di lakukan skir ulang agar sitingan dengan klep yg sudah di back cut tidak menimbulkan bocor
Nah
untuk kalian yang sedikit males menggunakan teknik di atas, bisa
melalui cara instan sob…….. Tentunya dengan ke presisian yang tinggi.
Cukup bawa ke tukang bubut langganan kalian. Biasanya ga lebih dari 50RB
untuk men back cut 1 pasang klep. Tapi teteppppppp cari tukang bubut
yang berpengalaman dan terpercaya.
Kualitas dan ke presisian terjamin.
Apabila klep sudah di modif seperti di atas, bisa di pastikan bahwa
putaran mesin semakin berkitir lebih cepat. Teknik ini sangat membantu
lohhh, terlebih di balap waktu adalah segalanya. Tentu hal ini patut
kalian coba. Mau ? Semoga Berguna..
Tidak ada komentar:
Posting Komentar