Sabtu, 12 Agustus 2017

KEDAHSYATAN HONDA RC116 50CC !

RC116 1

Assalamu’alaikum wR wB


Berjumpa lagi kita di Artikel History Ringan, SAYA akan membahas Jajaran Motor Legendaris lainnya yang ternyata Gak Kalah sama Motor Super Edan Layaknya Honda RC166, Honda RC149 & Suzuki RK67 yang kesemuanya sudah Pernah Saya Bahas & Kupas Tuntas di Blog Sederhana ini. . . Lantas, Motor Apakah yang mampu menyamai Motor Fantastis tadi ???
Yap, Jawabannya adalah Honda RC116 !! Salah Satu Motor Karya Langsung dari Team Engineering yang Diketuai oleh Mendiang Soichiro Honda, Sekaligus merupakan Adik Bungsu dari RC166 & RC149. . . . Bahkan RC116 di Era-nya Berhasil Mengalahkan Kedigdayaan Motor 2-Tak dengan Spek Mesin yang sama di Ajang Isle Of Man TT pada tahun 1966. . . Gilee Benerr !!


Seperti apa sih Sejarah, Detail & Performa RC166 ini ?? Yuk kita bahas & intip bersama-sama Brosist. . . Cekdisot !!

RC116 3

Honda RC116 adalah Motor Andalan Honda di Ajang WorldGP (MotoGP) kelas 50cc yang saat itu dipenuhi oleh Motor 2-Tak yang Super Powerfull. . . Mungkin banyak Brosist sekalian yang lebih mengenal RC166 dibanding motor ini, Lantaran saat itu prestasi RC166 jauh lebih mengkilap dibanding RC116 (Namanya Mirip, saya Jadi Njelimet nulisnya

Meski melawan Motor 2-Tak, Ternyata bukan berarti si RC116 ini mengusung mesin yang sama loh Brosist. . . RC116 Justru menggunakan mesin Parallel-Twin 4-Tak untuk bisa bersaing dengan kompetitor, Padahal seperti yang kita ketahui Sungguh sangat sulit & Hampir tak mungkin Motor 4-Tak mengalahkan motor 2-Tak dengan spesifikasi dan kubikasi yang sama. . . Tapi, RC116 Hasil Racikan Sang Masterpiece Soichiro Honda Berhasil Mematahkan Teori itu dan mampu bersaing ketat melawan Motor 2-Tak lainnya. . .
RC 1966 Family
Honda RC116 Bersama Kakak-Kakaknya di Era 1966 Silam

Di sisi Desain sebenarnya tak ada yang terlalu istimewa dari RC166 ini. . . Bentuknya masih mirip kakak-kakaknya dengan desain Fairing & Buritan membulat khas Motor balap Jaman Dahulu kala. . . Namun dibalik desain Fairing yang membulat itu ternyata tersimpan mesin 4-Tak 2 Silinder yang maha dahsyat dan mampu membuat bergidik siapapun yang melihat ataupun mendengar suara knalpotnya. . . Meski mengusung mesin 4-Tak yang terkategori lebih berat dibanding 2-Tak, Namun berat kosong RC116 ini sangat enteng loh Brosist, Yaitu hanya 58 Kg saja alias hampir hanya setengahnya dari Spacy Helm-In milik EA’s Blog. . . Ebyusehh !!
Sedikit tambahan Info, Pen Piston & Exhaust Valve milik RC116 yang berukuran payung 11, 5 mm ini hanya berbobot 6 gram saja. . . Dan diakui sebagai karya yang fantastis sekaligus misterius soal pembuatan & material yang digunakan pada eranya. . . Bayangkan, Itu di tahun 1960-an loh Brosist !! Edyan kan ??


 RC116 2

Beralih ke Sektor Mesin
, Maka kita akan menemukan sesuatu yang sangat incredible di RC116 ini. . . Meskipun mesinnya hanya 4-Tak 50cc alias mungkin tak sampai setengah dari kubikasi bebek atau skutik Brosist, Tapi Output Powernya pasti bikin tercengang deh. . . Motor yang mengusung mesin berkonfigurasi 4-Tak Parallel-Twin DOHC 8 Valves ini masih menggunakan Air-Cooled sebagai pendinginannya. . . Selain itu di sektor penyuplai BBM, RC161 menggunakan 2 buah Karburator Keihin 18 mm dan sudah dibekali Transmisi 9-Speed alias 9 Percepatan Plus pengereman yang layaknya sepeda di bagian depan & Tromol di belakang !! (Pusing-pusing deh tuh pembalapnya) . . .

Yang lebih fenomenal adalah Muntahan Power Outputnya Mesin 50cc RC116 yang mampu mencapai 16 HP @ 21.500 RPM. . . Edann !!!!!! Bila dikalkulasi secara matematis maka akan didapat Power Sebesar 320 HP per Liter (320 HP / 1000 cc), Sebuah angka matematis yang sangat fantastis dan Belum bisa dikalahkan Mesin Sophisticated sekelas MotoGP & Formula 1 Hingga akhir era 2000-an silam atau 40 Tahun setelahnya. . . Yang lebih membuat merem-melek adalah Redline nya RC116 yang mampu menembus 22.500 RPM Alias Lebih Fantastis dari Lengkingan Suara Jet Darat Formula 1 !!! Brosist bisa bayangkan bagaimana lengkingan suara Knalpotnya ?? Tenang, Nanti akan EA’s Blog sertakan Videonya pada akhir artikel. . .
” As regards bhp per litre (RC116), This is a figure that has never been surpassed by any naturally aspirated four stroke engine, and even today’s Formula 1 cars with their special fuel brews cannot hold a candle to it “. -Honda Race History, vf750fd.com


RC116 Engine
RC116 4

Singkat Cerita, Meskipun RC116 Gagal mendulang Juara di kelas 50cc pada tahun 1966, Namun RC116 berhasil menjuarai GrandPrix paling bergengsi yaitu Isle of Man TT (IOM TT) dan mampu mengantarkan Honda menjadi Juara Dunia Konstruktor di Tahun 1966 lewat pebalapnya, Ralph Bryans & Luigi Taveri. . . Tak hanya itu, RC116 yang hanya bermesin 4-Tak juga mampu membuat pusing para Kompetitornya pada tahun 1965-1966. . . Saking takutnya pada RC116, Hingga saat itu Suzuki mendevelop Motor 2-Tak dengan spesifikasi lebih gila dibanding versi sebelumnya yaitu Suzuki RK67 . . . Gendeng memang si RC116 ini !!


 RC116 Test
Nah, Berikut EA’s Blog berikan sedikit Spesifikasi nya, Spesial untuk Brosist para Pembaca Setia EA’s Blog (Mohon Maaf dan dimaklumi kalau hanya sedikit, Soalnya Motor ini kelas WorldGP/MotoGP, Jadi kebanyakan Informasi lainnya adalah Top Secret) :

Manufaktur : Honda (Honda Motor Company / HM Racing )
Model : RC116
Class : World Grand Prix

Engine : 4-Tak, Parallel-Twin 2 Silinder, Air-Cooled, DOHC 8V, Gear-Driven Camshaft
Bore x Stroke : 35, 5 x 25, 14 mm
Kapasitas Silinder : 49,7 cc
Rasio Kompresi :   11,2 : 1
Sistem Penyuplai BBM : 2 x Karburator Keihin 18 mm
Transmisi : 9-Speed, Close Ratio
Max Power : 16 HP @ 21.500 RPM
Max Torsi : ———
Top Speed : Lebih Dari 160 Km/h

Frame : Tubular-Steel Open Duplex
Berat Kosong : 58 Kg
Suspensi Depan : Teleskopik Cartridge
Suspensi Belakang : Honda Twin-Girling Shockbreaker
Rem Depan : ——-
Rem Belakang : Drum Brake (Tromol)
Ban Depan & Belakang : ——-

Well. . . Meski tak berhasil mengantarkan Ralph Bryans menjadi Juara Dunia kala itu, Namun Honda RC116 ini harus diakui sebagai Mahakarya Dahsyat yang akan selalu dikenang hingga era Modern sekarang ini. . . Keberanian sekaligus Inovasi yang Diberikan Soichiro Honda & Team-nya pada RC116 ini untuk menantang Motor Bermesin 2-Tak yang hampir tak mungkin dikalahkan saat itu sangat layak kita acungi Jempol & Bisa menjadi Inspirasi pada kita semua yang hidup di era yang serba Mutakhir seperti sekarang. . . Bahwa, Tak Selamanya Teori itu selalu berbanding Lurus dengan Kenyataan, Semuanya dapat dipatahkan dengan “Keajaiban” buah dari Kerja Keras, Semangat Pantang Menyerah & Inovasi yang Mutakhir. . . Hal ini telah dibuktikan oleh para Team Engineering Honda dengan Kerja Kerasnya yang sangat luar Biasa. . .
So, Tak berlebihan Rasanya bila EA’s Blog memberikan Tagline :
” Honda RC116, When Miracle Break The Limit Of Theory “

RC116 Last
Oiya, Ini Video tentang suara Melengking RC116, Seperti yang EA’s Blog janjikan tadi (Di Video pertama masih ada brebetnya, Maklum umurnya sangat tua)

Nih dia, Naikin RPM nyampe diatas 10.000 RPM ga sampe sekedipan mata


Oke Brosist !!! Sekian dulu Artikel History Indonesia racing pada kesempatan hari ini. . . Sedikit harapan dari saya, Semoga Artikel Ringan ini mampu menginspirasi Brosist sekalian untuk terus Menjalani Hari dengan Semangat Kerja Keras & Pantang Menyerah, Aminn. . .
Kita bertemu di Next Artikel Historical Bike Sabtu depan ya Brosist. . . So, Stay Tune terus hanya di indonesia racing  !
Terima kasih sudah berkenan membaca


semoga berguna..

Tidak ada komentar:

Bikin Klep Lebih Enteng Dengan Teknik “Back Cut Valve”

Teknik Back Cut memperingan klep dan memperlancar air flow gas bahan bakar Dragbike.id (Bandung) – Mungkin kalian sudah ...