Sabtu, 12 Agustus 2017

Honda RC149, Motor 125cc Paling Edan di Dunia !

RC149 Main


Assalamu’alaikum wR wB

     Di era modern ini, Kubikasi (cc) mesin yang besar adalah suatu keharusan. . . Namun apa jadinya bila ada motor 4-Tak dengan kubikasi sekelas bebek/skutik, Namun mesinnya mampu berteriak hingga 22.000 RPM dan menembus top speed lebih dari 210 km/h ?? Jawabannya ya cuma satu kata = Impossible !!
Yap ! Namun anehnya semua cerita tadi bukanlah dongeng semata koq Brosist. . . Penjabaran tadi adalah sebagian kecil keajaiban yang dimiliki oleh incredible bike yang satu ini, yaitu Honda RC149. . .

Seperti apa Pernik Sejarah, Detail & Performanya ??? Yuk Kita bahas bersama-sama motor ajaib ini Brosist. . . Cekdiswanaut !!

RC149 Naked
Honda RC149 adalah kuda besi jagoan Honda di ajang worldGP (motoGP) 125 cc di tahun 1966. . . Motor ini didaulat untuk menggantikan versi sebelumnya yaitu Honda RC148 yang masih memiliki kekurangan disisi daya tahan & vibrasi mesin. . . Upgrade tersebut bukanlah tanpa sebab, Mengingat yang harus dihadapi RC149 adalah motor balap super 2-Tak dari pabrikan Yamaha & Suzuki yang saat itu sedang berjaya. . . Sejujurnya hal ini adalah hal yang mustahil, Dimana seharusnya untuk bisa mengalahkan motor 2-Tak, diperlukan motor 4-Tak dengan kubikasi (cc) yang 2 x lipat, Mengingat cara kerja mesin 2-Tak yang hanya 1/2 kali cara kerja mesin 4-Tak. .



Namun Soichiro Honda beserta team engineeringnya memiliki konsep berpikir yang berbeda. . . Ia mengutus orang kepercayaannya yaitu Soichiro Irimajiri untuk membuat konsep mesin 4-Tak yang mampu menggapai RPM 2x lipat dari redline motor balap 2-Tak saat itu. . . Namun hal tersebut dirasa oleh pabrikan lain adalah sebuah pemikiran yang bodoh, Mengingat kala itu motor 2-Tak kompetitor rata-rata memiliki redline diatas 10.000 RPM. . . So, Honda kudu membuat motor yang mampu meraung diatas 20.000 RPM di tahun 1960-an. . . Lagi-lagi = Impossible . . .
RC149 View
Berbekal mesin RC148 yang berkonfigurasi inline 5 silinder, Irimajiri mendesain ulang seluruh bagian crankcase dan blok silindernya menggunakan bahan baku utama yang super duper ringan yaitu Magnesium. . . Bore x Stroke pun dirombak ulang menjadi 35,5 x 25,14 mm dengan total kapasitas silinder sebesar 125cc. . . Sementara konfigurasi mesinnya masih menganut Inline 5 Silinder DOHC 20 Valves, Dengan Sistem penyuplai BBM 5 Karburator Keihin 18mm yang mungil. . . Bukan hanya karburatornya saja yang mungil, Bahkan hampir seluruh part milik RC149 berukuran sangat kecil-kecil banget lohh  Brosist. . .
RC149
Di sektor frame, Honda RC149 tak mengalami perubahan signifikan dari RC148. . . Namun berkat masukkan dari pembalap Swiss yang penuh talenta Luigi Taveri , Sektor suspensi Honda RC149 ini mengalami ubahan agar tak terlalu liar saat dipacu dalam kecepatan tinggi. . .
RC149 Rear
Dibekali Penggerak Noken as tipe Gear (Gear-Driven Camshaft) plus Transmisi 8 Percepatan, Hasil Riset Honda yang satu ini sangat mengerikan Brosist. . . Honda RC149 mampu memuntahkan maksimum power hingga 35 HP @ 20.500 RPM. . . EA’s Blog ulangi sekali lagi 20.500 RPM Brosist !!! Sementara itu Redline Maksimumnya berada di 22.000 RPM !!! Gilaaaaaaa !! Catatan Top Speed RC149 ini mampu meraih lebih dari 210 Km/h pada tahun 1966 !! Uedyannn !!
RC149 3
RC149 Speedo2

Tak Ayal, Honda bersama RC149 dan pembalapnya Luigi Taveri pada tahun 1966 mampu menyabet gelar Juara Dunia sekaligus mengalahkan motor 2-Tak dari para Pesaing terberatnya. . . Bahkan saat awal race dimulai, Semua mata langsung tertuju pada Honda RC149 ini. . . Mengapa demikian ? Tak lain dan tak bukan adalah Karena RC149 memiliki output suara knalpot yang sangat menggelegar Brosist. . . Berbeda dengan kakaknya RC166 yang memiliki output suara menggelegar namun tetap merdu didengar, RC149 Justru mengeluarkan suara yang lebih kasar dan meledak-ledak dibanding RC166. . .
Setiap kali melakukan deselerasi dan downshift,  RC149 layaknya mesin akan segera meledak ! -motorcycle usa-

Gak percaya ?? Nih Videonya Brosist . . .

Sebagai tambahan, Ini dia sedikit spesifikasi Honda RC149 (Maklum cuma sedikit, Soalnya ini motor kelas GP, So hampir kebanyakan informasinya adalah Top Secret) :

Manufaktur : Honda
Model : RC149
Class : World Grand Prix

Engine : 4-Tak, Parallel-Inline Transverse 5 Cylinder, Oil-Cooled, DOHC 20 Valves
Bore x Stroke : 35,5 x 25,14 mm
Kapasitas Silinder : 124,3 cc
Rasio Kompresi :  11,2 : 1
Sistem Penyuplai BBM : 5 x Karburator Keihin 18mm
Transmisi : 8-Speed, Close Ratio
Max Power : 35 HP @ 20.500 RPM
Max Torsi : —-
Top Speed :  210 Km/h (130 Mph)

Frame : Tubular-Steel Open Duplex
Berat : 85 Kg
Suspensi Depan : Teleskopik Cartridge
Suspensi Belakang : Honda Twin-Girling Shockbreaker
Rem Depan : Drum Brake (Tromol) 8 Inci
Rem Belakang : Drum Brake (Tromol) 7 Inci
Ban Depan & Belakang : —

Well. . . Honda RC149 adalah salah satu Mahakarya terbaik di dunia dari ajang worldGP. . . Keberadaannya mampu disandingkan dengan sang kakak RC166 yang juga terlahir sebagai motor yang melampaui era-nya. . . 125cc 5 Silinder, 35 HP, 20.500 RPM, adalah sesuatu yang seharusnya bukan berada di tahun 1966. . . Namun apapun itu, percayalah, Dari Honda RC149 inilah kita mempelajari sebuah makna tentang kerja keras & keajaiban. . . Dengan kerja keras tanpa pantang menyerah, Maka keajaiban adalah sesuatu yang akan diraih berikutnya, Seperti yang team Honda lakukan dengan RC149 ini. . . So, Rasanya tak berlebihan bila EA’s Blog memberikan tagline pada Motor Ajaib satu ini yaitu :
” Honda RC149, When Passion Break the Limit “
RC166 Last

semoga berguna..

Tidak ada komentar:

Bikin Klep Lebih Enteng Dengan Teknik “Back Cut Valve”

Teknik Back Cut memperingan klep dan memperlancar air flow gas bahan bakar Dragbike.id (Bandung) – Mungkin kalian sudah ...