Assalamu’alaikum wR wB
Dalam dunia otomotif kita mengenal istilah kompresi, rasio kompresi dan
tekanan kompresi. Sering kita membicarakannya, namun kadang-kadang kita kurang
mengerti dan sulit untuk membedakan apa makna kata-kata tersebut....Kompresi atau menekan, biasa disebut
untuk menunjukkan proses langkah kompresi yang ada dalam salah satu
siklus 4 langkah. Dimana siklus 4 langkah terdiri dari :
1. Langkah hisap (suction stroke)
2. Langkah kompresi (compression stroke)
3. Langkah usaha (power stroke)
4. Langkah buang (exhaust stroke)
Nah langkah kompresi ada di urutan kedua dalam siklus 4 langkah .
Langkah kompresi adalah proses penekanan piston
terhadap campuran bahan bakar-udara agar terjadi pemadatan volume serta
agar campuran bahan bakar - udara dapat bercampur secara homogen
sehingga ketika busi memercikkan bunga api akan di dapat kualitas
pembakaran yang bagus sehingga di dapat ledakan yang besar.
Langkah
kompresi ini posisi piston bergerak dari titik mati bawah menuju ke
titik mati atas, proses ini juga menyebabkan volume mengecil dan tekanan
ruang bakar menjadi naik.
Dan beberapa derajad sebelum piston
mencapai titik mati atas, busi memercikkan bunga api untuk menyalakan
bahan bakar - udara, hal ini menyebabkan tekanan ruang bakar menjadi
naik hingga 10x lipatnya (tergantung faktor kualitas bbm dan rasio
kompresi).
Tekanan kompresi adalah tekanan efektif rata-rata yang
terjadi di ruang bakar tepat di atas piston. Tekanan kompresi ini juga
dibagi dengan 2 definisi,
1. Tekanan kompresi motorik
2. Tekanan kompresi
pembakaran.
Tekanan kompresi motorik ini adalah tekanan yang sering
di ukur oleh mekanik dengan alat compression gauge dengan satuan kPa,
psi atau bar. tekanan motorik akhirnya lebih dikenal dengan tekanan
kompresi. Tekanan ini membaca tekanan kompresi di ruang bakar tanpa
adanya penyalaan busi, caranya dengan memasang compression gauge pada
lubang busi kemudian handle gas kita tarik penuh (full open throttle)
kemudian kita engkol dengan kick starter hingga jarum bergerak naik dan
berhenti pada angka tertentu. Nah angka tadi adalah tekanan kompresi
motorik.
Tekanan kompresi motorik ini kisaran 900 kPa hingga 1400kPa untuk motor standar, atau 9 - 13 psi.
DanYang
kedua adalah tekanan ruang bakar. Tekanan ini dihitung saat mesin
menyala atau terjadi proses pembakaran. Pengukuran ini tidak menggunakan
alat compression gauge juga, namun memakai sensor pressure yang ditanam
di silinder head. Tekanan kompresi pembakaran ini bisa mencapai 10x
lipat dari tekanan motorik. Tekanan ini akhir nya di gambarkan dalam
sebuah diagram grafik P - teta (pressure vs derajad poros engkol).
Nah,
kata-kata yang terakhir adalah rasio kompresi atau perbandingan
kompresi. Ini adalah suatu angka yang menyatakan perbandingan volume
antara volume total silinder dengan volume ruang bakar nya. Volume total
adalah penjumlahan dari volume silinder dan volume ruang bakar. Volume
silinder sering kita sebut dengan simbol V2 (contoh 100cc, 160cc, 200cc)
sedangkan volume ruang bakar kita beri simbol V1. Sehingga perbandingan
kompresi memakai rumusan, Cr= (V1+V2) / (V1). Untuk motor satu silinder
standar yang dijual dipasaran, rasio kompresi berkisar 8,8:1 sampai
9,2:1 . Semakin tinggi rasio kompresi, semakin sempit V1 atau pula
semakin besar V2, semakin tinggi pula tenaga yang dihasilkan, logikanya,
semakin kecil volume ruang bakar berarti pemadatan bahan bakar - udara
semakin padat, sehingga ledakan pembakaran semakin besar, semakin besar
pula tenaganya.
Motor-motor balap atau high performance engine memiliki rasio kompresi 11:1 hingga 16:1 .
Dari ketiga kata kompresi diatas, memang tidak ada hubungan yang langsung, namun dapat di simpulkan bahwa
1. Tekanan kompresi baik motorik dan pembakaran dihitung pada saat langkah kompresi.
2. Tekanan kompresi tinggi tidak selalu identik atau sama dengan rasio kompresi tinggi.
3. Rasio kompresi tinggi terkadang menyebabkan tekanan kompresi juga tinggi (tergantung rasio kompresi aktual).
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Bikin Klep Lebih Enteng Dengan Teknik “Back Cut Valve”
Teknik Back Cut memperingan klep dan memperlancar air flow gas bahan bakar Dragbike.id (Bandung) – Mungkin kalian sudah ...

-
Assalamu’alaikum wR wB D ata spesifikasi dari beberapa jenis stang seher dari berbagai merek motor ...walau belum ter up date semua,namun s...
-
Assalamu’alaikum wR wB Kalau berbicara masalah Mesin Selonjoran alias Mesin Tidur alias Horizontal-Engine seperti honda c series ...
-
Assalamu’alaikum wR wB untuk di ketahui pada saat kita membuat / mem bore up mesin motor. kita bisa adopsi piston dari motor lain, tapi h...
-
Assalamu’alaikum wR. wB. Halo bro semua, kembali kita ngobrol2 dengan materi yang cukup berat nih. Ya… iseng2 sambil nunggu penayangan mo...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar